Dinas Pertanian Lampung Selatan Segera Bagikan Bibit Padi

CENDANANEWS, Pasca bencana banjir yang melanda sawah warga di beberapa desa di Lampung Selatan, Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Lampung Selatan akan segera menyalurkan bantuan bibit tanaman padi untuk para petani yang lahannya sempat terendam banjir akibat jebolnya tanggul di daerah itu.

“Kami sudah siap untuk menyalurkan bibitnya di Desa Sinar Pasemah, Kecamatan Candipuro,” kata Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DPTPH) Lampung Selatan Muverdi di Kalianda, Senin (16/2/2015).

Bantuan kepada para petani di daerah itu, kata dia, akan menggunakan cadangan bibit daerah (CBD).

Muverdi mengatakan bahwa pihaknya terlebih dahulu akan melakukan pendataan lahan untuk mengetahui secara riil total lahan tanaman padi yang terendam
banjir.

“Kami data terlebih dahulu guna menentukan berapa banyak bibit yang dikeluarkan untuk membantu petani di daerah itu,” jelasnya.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi terkait dengan pembangunan tanggul Sungai Way Katibung yang jebol sehingga menyebabkan aliran air meluap dan
merendam tanaman padi di Desa Sinar Pasemah, Muverdi masih belum dapat memastikannya.

Menurut dia, kewenangan untuk perbaikan tanggul tersebut, yakni Balai Besar dan Dinas Pekerjaan Umum Lampung Selatan.

“Itu bukan kewenangan kami, tugas kami hanya sebatas mengurusi tanaman yang mati (puso) akibat terendam banjir,” terangnya.

———————————-
Selasa, 17 Februari 2015
Penulis : Henk Widi
Editor : Sari Puspita Ayu
———————————
Lihat juga...