Lampung Bangun Tambak Udang Percontohan

Masyarakat sedang melaksanakan Panen Udang [youtube]

CENDANANEWS-Pemerintah Provinsi Lampung ingin meraih kembali kejayaannya di bidang pertambakan udang. Langkah ini akan diawali dengan membangun tambak percontohan (demfarm) di tiga kabupaten, yang selama ini menjadi sentra produksi udang di Lampung.

Kepala Dinas Perikanan Provinsi Lampung Setiato menyebutkan, ketiga kabupaten itu adalah Lampung Selatan, Lampung Timur, dan Pesawaran. Tambak percontohan yang akan dibangun di masing-masing kabupaten itu mencapai sekitar 10 hektar.

Selain membangun tambak percontohan, kata Setiato, pemerintah juga menyiapkan bantuan sarana produksi dan infrastruktur tambak yang diberikan kepada petani tambak. Dengan demikian, diharapkan petani tambak di wilayah itu terpacu mengelola usaha budidaya tambak dan menjadi contoh pengembangan udang vaname.

Tambak udang percontohan semi intensif dan intensif akan terus dibangun di kabupaten lain, ujar Setiato saat mendampingi Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan berkunjung ke pertambakan PT Central Pertiwi Bahari di Kecamatan Dente Teladas, Kabupaten Tulangbawang, Rabu (4/3/2015).

Ia menyebutkan, sepanjang tahun 2013, produksi udang budidaya di Provinsi Lampung mencapai 75 ribu ton yang terdiri dari udang vaname sebanyak 72 ribu  ton dan sisanya udang windu. Produksi udang tahun 2014, dia perkirakan tidak jauh dari tahun sebelumnya.

Sementara itu Program pemerintah Kabupaten Lampung Selatan untuk menjadikan kawasan Kecamatan Ketapang menjadi kawasan minapolitan terus dilakukan. Program pembangunan yang sedang dikerjakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Lampung Selatan yaitu membuat demonstration farm (demfarm) di Desa Berundung Kecamatan Ketapang. Pembangunan denfarm merupakan bantuan dari pemerintah pusat berupa beberapa fasilitas bagi kelompok petambak.

Lihat juga...