Pasokan Cabai Melimpah, Jabar Surplus Dua Bulan ke Depan

SELASA, 21 JUNI 2016

BANDUNG — Kepala Bidang Holtikultura Dinas Pertanian Jawa Barat (Jabar), Obas Firmansyah mengklaim pasokan cabai merah, cabai rawit dan cabai keriting di ranahnya cukup melimpah. Bahkan untuk cabai merah dipastikan surplus pada bulan ini dan Juli mendatang.
“Khusus cabai merah dua bulan ini mengalami surplus sangat banyak. Biasanya ketika memiliki surplus yang cukup banyak kita bisa memasok ke wilayah lain,” ujar Obas, Selasa (21/6/2016).
Surplus pada bulan Juni sebanyak 16.257 Ton. Dimana kebutuhan Jabar hanya 6.946 Ton, sedangkan produksi panen mencapai 23.203 Ton. Prediksi di bulan Juli pun hampir serupa, mengingat ada selisih yang cukup banyak, yakni 14.862 Ton. Sementara produksi panen 21.806 Ton dikurangi kebutuhan konsumsi Jabar yang tetap 6.946 Ton
Sekitar dua pekan menjelang hari Raya Idul Fitri ini, harga cabai merah di pasaran otomatis stabil. Bahkan turun bila dibandingkan awal puasa, yakni dari Rp. 60 ribu menjadi Rp 56 ribu per kilogram.
“Harganya normal seperti sebelum bulan Ramadan,” ucapnya.
Begitu pula harga cabai keriting merah dan cabai rawit merah. Indikasinya, harga di tingkat petani pun tetap stabil. Seperti di Ciwidey, Kabupaten Bandung, harga cabai keriting merah mencapai Rp 18.000 per kilogram. Sedangkan cabai rawit merah Rp 15.000 per kilogram.
“Di produsen harga sejumlah cabai tidak mengalami kenaikan, bahkan harga cabai sama seperti harga biasanya,” tukas Obas.
[Rianto Nudiansyah]
Lihat juga...