Tekan Angka Inflasi, BI dan BMPD Balikpapan Gelar Bazar Ramadan

SELASA, 21 JUNI 2016

BALIKPAPAN — Bank Indonesia dan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Balikpapan bersama Pemerintah Kota menggelar bazar Ramadan sebagai salah satu langkah untuk menekan laju inflasi. Dalam bazar, kebutuhan pokok utama yang disediakan antara lain Beras, Gula Pasir, minyak goreng hingga daging beku.
Antrian pembelian sembako bazar murah di halaman kantor BI Balikpapan
Humas Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Andi Palupi mengatakan, dalam bazar Ramadan ini menyediakan kebutuhan pokok dengan harga relatif murah dari harga pasar. Tak hanya kebutuhan pokok, juga disediakan sayuran organik langsung dari petani lokal seperti bawang merah, sawi, salad, Lombok dan buah-buahan.
“Seperti harga gula pasir untuk satu kilogramnya Rp12.500 dan ini sudah diberikan diskon. Kami juga memberikan voucher subsidi belanja untuk warga kurang mampu sebanyak 1.200 voucher dari BMPD Balikpapan,” terangnya disela-sela acara bazar Ramadan, Selasa (21/6/2016).
Menurutnya, dengan bazar ramadan ini salah satu upaya tim untuk mengendalikan inflasi, karena dibulan ramadan khususnya kebutuhan pokok naik.
“Harapannya masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik bazar Ramadan dan voucher yang sudah dibagikan untuk membeli kebutuhan Ramadan dan lebaran,” sambungnya.
Wakil Walikota Balikpapan, Rahmad Mas’ud yang membuka acara bazar Ramadan mengungkapkan, animo masyarakat untuk datang ke bazar sangat tinggi. Karena di bazar menyediakan kebutuhan pokok, sayuran organik dan kebutuhan lebaran dengan harga lebih murah dari pasar.
“Bazar Ramadan ini juga kerjasama dengan pemkot Balikpapan. Disini Pemkot juga menyediakan stand bersama lainnya,” ujarnya setelah membuka acara bazar Ramadan.
Ia menuturkan bazar ini upaya tim pengendali inflasi menekan inflasi dan membantu masyarakat di Balikpapan untuk jangka pendek.
“Tugas kami nanti menurunkan kebutuhan pokok minimal 20 persen dari harga sekarang. Bertahap kita lakukan,” imbuhnya.
Dari pantauan, warga nampak memenuhi bazar tersebut untuk mendapatkan kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan saat Ramadan.
[Ferry Cahyanti]
Lihat juga...