Alim dan Kampung Hijau, Gang Abah Posdaya Jingga

KAMIS, 22 DESEMBER 2016

JAKARTA-JEJAK PEMBERDAYAAN YAYASAN DAMANDIRI — Pemetaan wilayah yang dilakukan Sumargo untuk menggagas Kampung Hijau Posdaya Jingga sudah terbentuk di tiga wilayah dengan masing-masing penggeraknya. Bagian selatan dengan Ketua Sumargo, bagian tengah dengan Ketua Zaini, dan bagian utara dengan Ketua Alim. Bagian utara yakni Gang Abah RT 04 memulainya dengan kegiatan sederhana berupa menanam tumbuh-tumbuhan yang mudah perawatannya, seperti  jahe, kunyit, dan palem. Pada dasarnya, semua tanaman bisa tumbuh jika dirawat teratur.  Akan tetapi untuk menggerakkan penghijauan kepada warganya Alim tidak mau terburu-buru. Ia memakai metode belajar sambil menghijaukan.

Alim yang tekun menggerakkan warganya agar menghijaukan lingkungan.

“Saya memulai semuanya terlebih dahulu. Mulai dari pembibitan sampai pertumbuhan tanaman dilakukan di pekarangan rumah saya untuk kemudian dibagikan kepada warga secara berkala,” terang Alim, asli Betawi, Ketua RT 04/RW 05, Gang Abah, Kelurahan Ragunan kepada Cendana News saat ditemui di kediamannya.

Alim yang juga aktif dalam kegiatan sosial Posdaya Jingga ini mendapat rak tanam paralon dari Sumargo. Rak itulah yang ia gunakan sebagai pembibitan tanaman kangkung, selada, dan sawi. Selain itu, ia juga membeli sendiri tanaman lain seperti kelapa, jahe, pandan, kunyit, sirih, pohon puring sampai markisa. Tanah ia dapatkan dengan berkeliling wilayah sekitar kelurahan ragunan bersama Sumargo maupun Zaini. Sedangkan pupuk yang digunakan tetap pupuk kompos yang menurut Alim lebih bagus untuk menanam secara alami terbebas dari bahan kimia.

Lihat juga...