Selama Tiga Hari, Potensi Hujan di NTB Alami Pengurangan

SENIN, 19 DESEMBER 2016

MATARAM — berdasarkan hasil analisis dan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lombok Internasional Airport, tekanan angin terlihat berada di selatan Jawa, Bali, dan di utara Australia. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya peningkatan kecepatan angin dan juga berkurangnya potensi hujan di sebagian wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)

“Berdasarkan hasil analisis tersebut, potensi hujan selama tiga hari ke depan diprediksi akan mengalami pengurangan” kata Kepala BMKG NTB, Agus Riyanto di Mataram, Senin (19/12/2016).

Menurutnya, kondisi tersebut diprediksi masih akan terus berlangsung hingga beberapa hari kedepan, karena kecepatan angin yang bertiup masih terus berlangsung. Untuk diketahui, kecepatan tiupan angin yang telah berlangsung di NTB dalam beberapa hari terakhir, sedikitnya telah mengakibatkan curah hujan yang turun di sebagian wilayah NTB berkurang bahkan berhenti.

“Terjadinya peningkatan kecepatan angin juga telah mengakibatkan genangan air yang terdapat di sawah petani berkurang, bahkan ada yang mengering,” kata Agus.

Jurnalis: Turmuzi / Editor: Satmoko / Foto: Humas BMKG NTB

Lihat juga...