Suntikan Dana Damandiri, Omset Elih Jadi Satu Juta per Hari

SABTU, 25 FEBRUARI 2017

JAKARTA — Jejak Pemberdayaan yayasan Damandiri — Mantan Ketua RT05 RW04, Jagakarsa, Elih Sahid sejak 1980 sudah menggeluti profesinya sebagai ahli listrik untuk gedung maupun perumahan. Selain itu, ia juga membuka usaha toko listrik kecil-kecilan di rumah. Mulai dari saklar, bohlam, kabel hingga semua keperluan listrik masyarakat coba disediakan di toko kecilnya.

Elih Sahid

1985, saat ia menjadi Ketua RT05, wajah daerah kediamannya mulai berubah dengan kehadiran para pendatang dari luar. Tanpa disadari, perlahan membuat warga asli Jagakarsa terpacu untuk menjadi lebih baik lagi secara ekonomi agar setara dengan para pendatang tersebut.

“ Sebenarnya kami hidup apa adanya dengan yang kami miliki di sini. Tapi sesuatu hal telah mengubahnya,” kenang Elih saat berbincang dengan Cendana News.

Perlahan warga mulai menjual tanah kepada pendatang, kemudian menggunakan uangnya untuk membuka usaha kecil-kecilan, baik di rumah maupun menyewa toko di pinggir jalan. Elih tidak mengikuti jejak mereka, melainkan terus menjalankan usaha toko listriknya dengan tekun sambil menyewakan tanah miliknya kepada siapapun yang ingin membuka usaha warung atau apapun.

Memasuki 2012, persaingan usaha dirasa semakin berat, termasuk persaingan sesama toko listrik. Pada kesempatan yang sama, ia mendengar bahwa sudah didirikan Posdaya Cempaka di RT05, RW04 Jagakarsa oleh Yayasan Damandiri, tepat di wilayah kediamannya. Selain mendirikan Posdaya, Yayasan Damandiri turut meluncurkan program pemberdayaan ekonomi keluarga berupa Tabungan Kredit Pundi Sejahtera (Tabur Puja) bagi warga RW04 Jagakarsa.

Lihat juga...