Suntikan Dana Damandiri, Omset Elih Jadi Satu Juta per Hari

Butuh satu tahun bagi Elih memutuskan bergabung di Tabur Puja, hingga akhirnya pada 2013, ia datang ke sekretariat Posdaya untuk mengajukan pinjaman modal usaha lewat Tabur Puja.

“ Persaingan usaha membuat harga berantakan sehingga keuntungan saya pun mulai menipis. Jalan satu-satunya adalah menambah jumlah barang dagangan, tapi saya butuh modal,” sambung bapak tiga anak ini melengkapi.

Tabur Puja mempercayakan Elih pinjaman modal usaha mikro sejumlah Rp 2 juta dengan termin pengembalian selama 12 bulan. Menggunakan suntikan modal tersebut, Elih membeli barang-barang listrik kebutuhan tokonya. Selain itu, ia membangun sebuah warung kecil untuk disewakan kepada pedagang.

Omset harian Elih meningkat dari hanya Rp 500 ribu per hari, menjadi Rp 1 juta. Usaha alat listrik miliknya mulai berkembang karena barang dagangannya semakn lengkap.

Selain omset toko listriknya, warung kosong milik Elih juga di sewa oleh seorang pedagang buah dan minuman ringan. Perlahan kehidupan Elih yang tadinya kesulitan beradaptasi dengan persaingan usaha, mulai berjalan normal seiring meningkatnya pendapatan.

Setelah melunasi cicilan Tabur Puja selama 12 kali, Elih merasa bahwa sekarang saatnya untuk mengoptimalkan hasil usahanya selama ini secara mandiri. Ia memutuskan tidak melanjutkan keanggotaannya dengan Tabur Puja. Selama dua tahun sejak 2015 hingga Oktober 2016 Elih coba memutar keuntungannya melalui toko listrik miliknya.

Pada November 2016 ia kembali datang menemui pengurus Posdaya untuk mengajukan pinjaman baru demi menambah barang dagangannya lagi. Ada beberapa peralatan listrik yang cukup mahal namun kerap dicari masyarakat.

Lihat juga...