Gebyar Malam Minggu Terpadu, Ajang Kreasi Seni Budaya Sikka

SABTU, 1 APRIL 2017

MAUMERE — Untuk pertama kalinya, Kabupaten Sikka memiliki sebuah area yang dibangun Pemerintah untuk digunakan masyarakat sebagai ajang berkreasi, menampilkan hasil kreativitas masyarakat di berbagai bidang, khususnya seni dan budaya.

Wakil Bupati Sikka, Drs, Paolus Nong Susar saat membuka gebyar malam minggu di Pusat Jajanan dan Cinderamata (PJC) Maumere.

“Dengan adanya gebyar malam minggu terpadu, diharapkan segenap elemen masyarakat khususnya generasi muda bisa memanfaatkan panggung yang disediakan di arena Pusat Jajajan dan Cinderamata untuk mementaskan karya seni, budaya maupun bidang lainnya, baik kepada masyarakat Kabupaten Sikka maupun para tamu yang datang ke Sikka,” demikian disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sikka, Drs. Kensius Dididmus, dalam sambutannya saat persemian dimulainya Gebyar Malam Minggu Terpadu, di Pusat Jajanan dan Cinderamata (PJC), Sabtu (1/4/2017), malam.

Dikatakan Kensius, Pemerintah ingin memberikan hiburan kepada masyarakat setiap malam minggu dan akan dilihat sejauh mana dampak positifnya bagi masyarakat. Jika berdampak positif, maka kegiatan pentas seni budaya dan pertunjukan atau lomba di panggung PJC akan terus dipertahankan. “Kegiatan ini mengangkat seni budaya Sikka untuk diperkenalkan kepada masyarakat Sikka, maupun para tamu yang datang ke Kabupaten Sikka. Untuk itu, kami meminta dukungan dari DPRD Sikka dan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, tambah Kensius, juga di setiap kedai yang ada juga dikelola komunitas anak muda yang menyajikan kuliner lokal dengan racikan yang modern dan lezat, untuk diperkenalkan kepada para penikmat kuliner, khususnya pangan lokal. Pemerintah dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sikka, juga akan melengkapi tempat ini dengan jaringan internet gratis, agar bisa dimanfaatkan sebagai tempat bersantai menikmati kuliner, pentas seni budaya seraya tetap berinternet yang sudah menjadi bagian dari gaya hidup. “Ini sebuah hal baru bagi masyarakat Kabupaten Sikka, dan diharapkan bisa menumbuhkan kreativitas dengan diberikannya ruang untuk berkreasi ini,” terangnya.

Lihat juga...