Soto Ayam Tauco, Khas Tegal

SABTU, 1 MARET 2017

SLAWI — Soto Ayam Tauco, merupakan soto khas Tegal, Jawa Tengah. Kendati dibuat dengan bahan-bahan seumumnya menu soto, namun soto ayam tauco ini memiliki kekhasan tersendiri. Bukan hanya karena ada tauco, melainkan juga karena ada pelengkapnya berupa sumsum tulang ayam yang digoreng renyah, kriuk.

Soto Ayam Tauco 

Menu makan soto, bisa ditemui di hampir semua daerah di Indonesia. Masakan berkuah dengan potongan-potongan daging sapi atau ayam dan tauge, serta bihun putih, itu sepertinya menjadi makanan kesukaan warga asli Nusantara. Namun di setiap daerah, soto memiliki kekhasan  masing-masing. Begitu pula dengan soto dari Tegal.

Adalah Soto Ayam Tauco, salah satu dari sekian jenis soto yang melegenda di Tegal. Soto ini diramu dari bahan-bahan seperti tauge, daun bawang, daging ayam, sambal dan bawang goreng, kuah panas dan tauco, yang merupakan bumbu makanan terbuat dari biji kedelai yang telah direbus, kemudian dihaluskan dan dicampur dengan tepung terigu, lalu difermentasikan selama beberapa minggu hingga berwarna merah kecoklatan dan mengeluarkan bau yang sangat khas.

Soto Ayam Tauco ini bisa ditemui di Warung Soto Sedap Malam Da’an Jenggot Asli, di kawasan jalan Raya Talang, Tegal, Jawa Tengah. Juru Masak Warung Soto Tauco, Adam, mengatakan, hal yang membuat soto tauco di warungnya itu menjadi khas bukan hanya karena ada tauco. “Namun juga karena ada bahan tambahan atau pelengkap lainnya, yaitu sumsum tulang ayam yang digoreng kecil-kecil yang disebut kriuk. Sebutan kriuk itu karena saat dimakan terasa renyah dan menimbulkan suara kriuk-kriuk,” kata Adam.

Lihat juga...