H-3, Warga Balikpapan Serbu Mobil Penukaran Uang

BALIKPAPAN — Pelayanan penukaran uang melalui mobil kas keliling Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan diserbu warga. Mereka antri sebelum penukaran uang berlangsung, mengingat jumlah warga yang melakukan penukaran uang untuk kebutuhan lebaran puluhan orang.

Pelayanan mobil keliling dilaksanakan sejumlah pasar tardisional di Balikpapan secara bergantian, sejak awal Ramadan.

Salah seorang warga, Adi, mengaku menunggu mobil kas keliling sejak pukul 09.00 WITA dan baru dapat giliran menukar pukul 11.00, karena banyak warga yang juga melakukan penukaran. “Sejak tadi sudah banyak warga yang berkumpul menunggu mobil penukaran uang, yang antri ini sudah sejak tadi menunggu termasuk saya. Alhamdulillah, antrinya tertib sehingga tidak dorong-dorong,” ungkapnya, disela menunggu antrian, Kamis (22/6/2017).

Menurut Adi, penukaran uang biasa dilakukannya setiap tahun untuk kebutuhan lebaran dan sudah menjadi tradisi memberikan uang baru kepada anak-anak yang bertamu atau berkunjung ke rumah. “Penukaran uang biasa dilakukan setiap tahun, tradisinya kalau ada anak-anak datang kasih angpau. Senang saja bisa kasih uang baru kalau mereka datang ke rumah,” katanya, dengan tersenyum.

Adi mengatakan, uang yang ditukarkan tidak banyak hanya sekitar Rp1.700.000 dan pecahannya ada Rp2.000, Rp5.000 dan Rp10.000. “Pecahan kecil sangat diminati, makanya saya menukarnya di pelayanan mobil kas keliling karena saat tukar ke bank-bank katanya habis khususnya yang Rp2.000,” katanya.

Dikatakan pula, penukaran uang yang dilakukannya bukan hanya kebutuhan untuk lebaran, namun juga kebutuhan di warung berjualan. “Saya tukar uang bukan hanya kebutuhan lebaran, tapi juga kebutuhan uang kecil angsul atau kembalian kalau ada pembeli tidak susah lagi cari uang pecahan kecil,” imbuhnya.

Lihat juga...