H+1 Lebaran, Pantai Manggar Dipadati Pengunjung

BALIKPAPAN — H+1 Hari Raya Idul Fitri 2017, obyek wisata di Kota Balikpapan mulai dipadati pengunjung domestik dari kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur. Kepadatan pengunjung seperti ini terjadi di Pantai Manggar Balikpapan yang menjadi destinasi unggulan. Sejak siang sudah terlihat padat pengunjung.

Menurut salah seorang pengunjung asal Kota Samarinda, Anwar, kunjungan ke Pantai Manggar dilakukan setelah silaturahmi lebaran pada hari H lebaran hingga hari ini (26/6). “Selain berkunjung ke rumah keluarga di Balikpapan, kami juga sempatkan ke pantai sekaligus liburan karena besok sudah kembali lagi ke Samarinda,” ungkapnya di sela menikmati indahnya pantai, Senin (26/6/2017).

Berkunjung ke Pantai Manggar, katanya sering dilakukan apabila liburan tiba. “Berkunjung ke pantai Manggar sering dilakukan, tapi juga nggak terlalu sering karena saya juga kerja. Yah mau lihat perbedaannya saja, sekarang sudah ada aero sport yang bisa digunakan pengunjung,” ulasnya.

Terpisah, Kasi Ops Basarnas Balikpapan, Oktavianto, mengatakan, dari pantauan pada pukul 10.00 WITA pengunjung telah mencapai 500-600 orang dengan jumlah kendaraan mencapai 240 kendaraan roda dua dan empat.

“Basarnas juga mendirikan posko di Pantai Manggar untuk memantau kelancaran aktivitas di Pantai Manggar. Karena biasanya pada libur besar pantai ini salah satu yang ramai pengunjung sehingga harus siaga,” katanya saat bertugas memantau sejumlah posko Basarnas di Balikpapan.

Sementara itu, dari pantauan terlihat pada H+1 lebaran hari ini kepadatan lalu lintas terjadi pada poros Kilometer 8 Balikpapan-Samarinda, di Jalan Soekarno Hatta, MT Haryono dan jalur arus lalu lintas ke Pantai Manggar. “Di MT Haryono atau ring road depan RSUD Kanudjoso Djatiwibowo terjadi kemacetan yang cukup panjang sehingga pihak kepolisian juga turut mengatur arus lalu lintas untuk memecah kemacetan,” ujar pengendara roda 4, Tyo.

Lihat juga...