Hari Pertama PPDB Online Tingkat SD Berjalan lancar

BALIKPAPAN — Hari pertama pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) melalui sistem online yang dilaksanakan pada 12 sekolah di kota Balikpapan berjalan lancar, meski baru pertama kali dilaksanakan. Dalam dua hari ke depan merupakan program bina lingkungan dan dilanjutkan program reguler atau umum maupun luar daerah pada 6 hingga 7 Juli 2017 mendatang.

Untuk memastikan kelancaran, Komisi IV DPRD melakukan sidak ke beberapa sekolah di enam Kecamatan kota Balikpapan. SDN 001 Kecamatan Balikpapan Kota dan SDN 001 Balikpapan Tengah misalnya, pelaksanaan berjalan lancar.

Kepala Sekolah SDN 001 Kecamatan Balikpapan Kota, Tuwariyanto mengungkapkan, persiapan PPDB online di sekolah telah dilakukan sejak satu pekan kemarin dari perangkatnya hingga SDM-nya. Disediakan empat operator serta SDM yang membantu masyarakat yang melakukan pendaftaran online di sekolah.

“Kalau yang mau mendaftar online melalui sekolah, ada pihak operator yang membantu atau mendampingi. Untuk BL di SDN 001 Balikpapan kota sekitar 26 persen dari jumlah daya tampungnya, sebanyak 112 siswa,” jelasnya saat ditemui di SDN 001 Balikpapan Kota, Senin (3/7/2017).

Dijelaskannya, dengan Peraturan Pemerintah yang baru satu rombongan belajar (Rombel) sebanyak 28 siswa dan tahun ini mulai diterapkan.

“Dalam pelaksanaan PPDB online BL di SDN 001 Balikpapan kota berjalan lancar, tidak ada kendala. Kalau listrik kita komunikasikan dengan PLN, sedangkan di sistem kita juga langsung komunikasi dengan Telkom. Tapi sejauh ini belum ada kendala,” ulasnya.

Hal yang sama juga dikatakan Kepala Sekolah SDN 001 Balikpapan Tengah, Salgiman. Menurutnya, PPDB online program BL berjalan lancar, meskipun masih banyak pendaftar atau orangtua yang datang mendaftarkan anaknya harus dibantu dengan petugas dalam pendaftaran online.

Lihat juga...