Kuota Penerimaan SD Negeri di Balikpapan 6.300 Siswa

BALIKPAPAN — Pelaksanaan Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga kini masih berlansung dan sejumlah orangtua pun melakukan pendaftaran melalui program bina lingkungan (BL) dan umum. Tercatat kuota penerimaan siswa SD negeri di Balikpapan hanya sekitar 6.300 siswa, dengan jumlah SDN sebanyak 136 sekolah.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan, Purnomo mengatakan, proses pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2017/2018 tingkat SD dilakukan memakai dua metode, online dan offline.

“Tahun ini ada 12 SDN yang melaksanakan PPDB online, dan ini menjadi yang pertama untuk tingkat SD. Sedangkan sisanya masih offline atau manual karena masih keterbatasan akses interneti,” tuturnya di sela meninjau pelaksanaan PPDB online di SMPN 3 kota Balikpapan, Selasa (4/7/2017).

Ia menuturkan saat ini sesuai dengan peraturan pemerintah yang baru untuk satu rombongan belajar (Rombel) hanya menampung 28 siswa dan usia minimal masuk SD berkisar 6 tahun.

“Sekarang dibatasi minimal usia 6 tahun. Sehingga tahun ini jumlah pendaftar bisa menurun,” katanya.

Purnomo memperkirakan pendaftar usia sekolah pra SD ke SD berkisar 11.100 orang. Sedangkan daya tampung untuk SD negeri hanya untuk 6.300 orang. Sehingga sisanya bisa bersekolah di sekolah swasta, pondok pesantren serta madrasah.

“Angka 11.100 itu masuk dalam kriteria lama. Di bawah enam tahun bisa sekolah. Sehingga sisanya bisa sekolah di swasta sebagai pilihan masyarakat karena swasta juga membuka pendaftaran. Idealnya sekolah swasta buka pendaftaran sebelum dan ketika PPDB berlangsung,” ujarnya.

Purnomo menambahkan selama dua hari pelaksanaan PPDB tingkat SD dan SMP saat ini berjalan dengan lancar dan sesuai dengan sistem yang ada.

Lihat juga...