Berkeliaran di Sebuah Pabrik, Seekor Macan Tutul Dijinakan

NEW DELHI – Seekor macan tutul yang masuk ke sebuah pabrik pembuatan mobil di India akhirnya dijinakan dengan dilumpuhkan. Hewan liar tersebut akhirnya terlihat dan ditemukan setelah dilakukan upaya pencarian selama 36 jam.

Pejabat dari Departemen Margasatwa mampu menenangkan macan tutul yang berkeliaran di dalam pabrik terbesar pembuatan mobil di pinggir Ibu Kota India, New Delhi, pada Jumat (6/10/2017).

“Macan tutul itu akhirnya telah ditenangkan,” kata Pejabat Senior Departemen Kehutanan di Gurugram Vinod Kumar.

Menurut beberapa laporan, setelah ditenangkan, kucing besar tersebut dibawa untuk pemeriksaan medis. Setelah diyakini dalam kondisi baik, pada waktunya nanti akan dilepaskan di daerah hutan.

Macan tutul tersebt terlihat berkeliaran di dalam Pabrik Maruti Suzuki di Manesar-Gurugram di Haryana sejak Kamis (5/10/2017) pagi. Tak lama setelah macan tutul tersebut terekam kamera CCTV di pabrik itu, pabrik tersebut ditutup dan pegawai diungsikan.

Pabrik Maruzi Suzuki di Mansar adalah yang terbesar di India, dan memproduksi sebanyak satu juta kendaraan tahun per tahun. “Para pejabat dari Departemen Margasatwa dikerahkan untuk menemukan hewan itu. Namun, selama 36 jam hewan tersebut mampu menghindari petugas,” kata seorang pejabat pabrik.

Beberapa laporan mengatakan pejabat Departemen Margasatwa menggunakan dua kambing hidup dan daging mentah untuk menarik perhatian dan agar macan tutul itu keluar dari persembunyiannya.

Para pejabat juga membawa empat kandang untuk menangkap macan tutul tersebut hidup-hidup. Petasan juga digunakan untuk memaksa kucing besar itu keluar ke tempat terbuka di dalam lingkungan pabrik.

Lihat juga...