Liverpool Tantang Madrid di Final Liga Champions

Editor: Koko Triarko

ROMA – Liverpool berhasil mengamankan tiket final Liga Champions untuk pertama kalinya dalam 11 tahun terakhir, meski menelan kekalahan 2-4 dari AS Roma pada leg kedua semifinal di Stadio Olimpico, Kamis (3/5/2018) dini hari.

Liverpool bertolak ke Roma dengan bekal kemenangan 5-2 di leg pertama. Namun, The Reds dipaksa berjuang eksta keras menahan tekanan berat dari tim ibu kota Italia di babak kedua. Meski begitu, Liverpool tetap lolos berkat keunggulan agregat 7-6.

Sadio Mane membuka keunggulan Liverpool saat laga baru berjalan sembilan menit. Namun, gol bunuh diri James Milner enam menit berikutnya membuat laga kedua tim sedikit berbeda. Liverpool kembali leading jelang turun minum berkat sundulan kepala Georginio Wijnaldum.

Tapi, Roma pantang menyerah. Edin Dzeko yang mencetak gol pertama AS Roma di Anfield pada leg pertama semifinal sepekan sebelumnya, kembali menunjukkan kapasitasnya dengan mencetak gol penyeimbang pada menit 52.

Gol penyeimbang dari Edin Dzeko memberi suntikan moril yang cukup hebat bagi Roma. Radja Neinggolan membuat Roma berbalik unggul  pada menit 86. Pemain berdarah Indonesia itu kembali mencatatkan namanya di papan skor jelang bubar. Kali ini melalui eksekusi penalti yang cukup kontroversial.

Namun demikian, kemenangan 4-2 atas Liverpool belum cukup untuk meloloskan Roma ke final. The Reds lebih berhak menantang Real Madrid di partai puncak, sekaligus menjadi final perdana klub Merseyside sejak 2007 silam.

Liverpool bakal menghadapi dua kali juara bertahan Liga Champions itu pada 26 Mei di Kiev, untuk merealisasikan peluang mengangkat trofi Liga Champions yang keenam kalinya dan yang pertama sejak final tak terlupakan pada 2005.

Lihat juga...