Pemkab Buton Utara Dorong Pengembangan Pertanian Organik

Ilustrasi -Petani sedang memanen sayur kangkung organik - Dok CDN

KENDARI  – Pemerintah Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara, fokus mendorong berbagai program untuk meningkatkan perekonomian warga setempat.

“Fokus saya adalah meningkatkan perekonomian masyarakat supaya mereka bisa hidup sejahtera. Sejauh ini masih menjadikan sektor pertanian organik sebagai wadah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Buton Utara,” kata Bupati Buton Utara, Abu Hasan, di Kendari, Minggu.

Ia mengatakan, pengembangan pertanian organik ini terintegrasi dengan pembangunan sektor perikanan dan sektor perkebunan di daerah itu.

“Memang saya akui optimalisasi lahan belum maksimal. Ini akan menjadi perhatian serius kami agar seluruh lahan tidur yang ada bisa dikelola secara maksimal,” katanya.

Menurut dia, subsidi kepada warga terkait pembersihan lahan atau pembukaan lahan tidur menjadi lahan produktif pertanian tetap akan diprogramkan.

“Jika memungkinkan pada anggaran perubahan tahun ini, kita akan tambah anggarannya minimal 400 hektare. Setap hektare lahan disubsidi sekitar Rp2,5 juta untuk biaya pembukaan lahan tidur,” katanya.

Ia mengaku, Buton Utara telah bertekad menjadikan daerah itu sebagai kabupaten organik, tidak hanya tanaman atau komoditas padi, tetapi juga komoditas lainnya. (Ant)

Lihat juga...