Masyarakat Ulumanda Harap Gubernur Sulbar Perbaiki Jalan

Ilustrasi kondisi jalan rusak - Dokumentasi CDN

MAMUJU — Aliansi Masyarakat Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), berharap agar gubernur provinsi itu menepati janji untuk membangun dan memperbaiki jalan menuju daerahnya.

“Jalan itu sudah menjadi kebutuhan masyarakat,” kata koordinator Aliansi Masyarakat Kecamatan Ulumanda, Majene, Aldi, belum lama ini.

Masyarakat Ulumanda telah menemui Gubernur Sulbar dan meminta jalan menuju wilayah kami diperbaiki, dan Gubernur Sulbar telah berjanji akan membangunnya pada 2019 mendatang hingga tahun 2021.

Sebelumnya ratusan masyarakat Ulumanda melakukan unjuk rasa di jalur trans Sulawesi menghubungkan Majene dan Kabupaten Mamuju Ibu Kota Provinsi Sulbar, menuntut jalan diperbaiki.

Unjuk rasa yang dilakukan sebagai reaksi kekecewaan atas sikap Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar yang dianggap tidak menepati janji politiknya dengan membangun jalan di Ulumanda.

“Jadi kami akan tunggu janji Gubernur Sulbar terkait pembangunan jalan menuju Ulumanda dan berharap jalan yang kondisinya rusak parah segera diperbaiki, kami akan tetap berharap pemerintah memperbaiki jalan yang berada di pegunungan Majene karena selama tidak kunjung diperbaiki, dan sampai saat ini dalam kondisi rusak parah,” terangnya.

Ia menyampaikan jalan menuju wilayahnya sulit dilalui kendaraan roda empat, selain mendaki juga sempit dan berlumpur dilalui masyarakat.

Akibatnya aktivitas masyarakat di Ulumanda yang berjumlah ribuan jiwa menjadi terhambat khususnya yang berprofesi sebagai petani, karena kesulitan mendistribusikan hasil pertaniannya untuk dipasarkan.

“Masyarakat berharap jalan menuju Ulumanda yang totalnya mencapai 37 kilometer, menghubungkan perbatasan Kabupaten Mamasa yang berada diatas pegunungan Sulbar mesti diperbaiki karena akan mampu membangun ekonomi masyarakat yang masih tertinggal,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...