Akhir Tahun, Harga Emas di Palembang, Turun

PALEMBANG  – Harga perhiasan emas kadar 24 karat di Kota Palembang, Sumatera Selatan pada Desember 2018, sedikit menurun dibandingkan dengan dua bulan terakhir.

Riki, salah seorang pedagang emas di Mal Palembang Trade Center (PTC) Palembang, Minggu, mengatakan harga perhiasan emas pada Oktober 2018 mencapai Rp3,8 juta per suku atau setara 6,7 gram. Saat ini mengalami penurunan sekitar Rp200.000 atau menjadi Rp3,6 juta/suku.

Selain harga perhiasan emas 24 karat, harga emas murni atau logam mulia juga mengalami sedikit penurunan.

Harga logam mulia sekarang ini dijual dengan harga di bawah Rp600.000 per gram, padahal beberapa bulan sebelumnya berada pada posisi Rp605.000 per gram.

“Pergerakan turunnya harga perhiasan emas 24 karat dan logam mulia itu dipengaruhi situasi ekonomi dunia yang kurang baik dan menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat,” kata Riki.

Pedagang emas lainnya, Taslim mengatakan, pada kondisi harga emas yang mulai menunjukkan penurunan akhir-akhir ini, belum berpengaruh meningkatkan penjualan barang berharga itu.

Permintaan logam mulia maupun perhiasan emas 24 karat sekarang ini belum ada peningkatan, karena harga tersebut masih tergolong tinggi.

“Berdasarkan pengalaman, peningkatan aktivitas jual beli terutama perhiasan emas ketika harga mengalami penurunan di bawah angka Rp3,4 juta per suku,” ujar pedagang emas itu. (Ant)

Lihat juga...