Anies Beri Nama Kereta MRT, ‘Ratangga’

Editor: Koko Triarko

Gubernur DKI, Anies Baswedan, meresmikan nama Moda Raya Terpadu (MRT), Ratangga, di Dipo MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin (10/12/2018). -Foto: Lina Fitria

JAKARTA – Gubernur DKI, Anies Baswedan, memberikan nama baru untuk Moda Raya Terpadu (MRT), yaitu Ratangga. Sebelumnya, Anies menjajal MRT dari Bunderan Hotel Indonesia menuju Lebak Bulus, dengan kecepatan 15 menit, dan meresmikan nama baru untuk rangkaian MRT tersebut.

“Ratangga akan ada di setiap rangkaian kereta MRT, sedangkan untuk membedakan setiap rangkaian, maka nama Ratangga akan di ikuti sebuah angka. Jadi, kalau kita menyebut kereta MRT dengan istilah Ratangga 1, jadi ada nomernya di belakang nama,” ujar Anies di Dipo MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin (10/12/2018).

Ia menjelaskan, nama Ratangga yang diambil dari sejarah terdapat di dalam kitab Sutasoma, dan puisi dalam kitab Arjuna Wijaya karangan Mpu Tantular. Ratangga di dalam bahasa Jawa Kuno berarti kereta perang ,identik dengan kekuatan dan perjuangan.

“Insyaallah Ratangga ini bukan sekadar nama tanpa makna. Nama membawa pesan, penuh makna, dan saya berharap semua fasilitas umum di Jakarta diberi nama yang menyerap dari akar sejarah budaya kita, seperti hari ini di MRT kita memilih menggunakan Ratangga,” ucapnya.

Menurut Anies, penamaan kereta juga melalui pembahasan bersama para ahli tata bahasa. Penamaan Ratangga, agar MRT sesuai falsafahnya, yakni akan digunakan oleh orang-orang pejuang dan orang memiliki ketangguhan.

“Pesannya jelas, bahwa di sini ada kekuatan, ada kejuangan. Nanti mereka-mereka yang akan menggunakan kereta ini adalah mereka yang akan berjuang dan ketangguhan. Dan, yang terlibat dalam proses pembangunannya adalah putra-putri Indonesia yang tangguh penuh semangat juang,” kata Anies.

Mantan rektor Universitas Paramadina menuturkan, salah satu pesan yang diambil adalah perjuangan dalam mewujudkan kereta MRT ini. Anies juga mengapresiasi pengerjaan proyek MRT yang dikerjakan oleh orang-orang Indonesia.

Lihat juga...