Festival Bau Nyale Masuk Kalender Nasional

Editor: Mahadeva

MATARAM – Festival Bau Nyale, masuk sebagai salah satu event budaya dalam kalender event nasional. Keberadaan Festival Bau Nyale di Lombok, Nusa Tenggara Barat, diyakini mampu menggenjot pariwisata NTB, setelah gempa bumi beberapa waktu lalu.


Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu. Mohammad Faozal/foto : Turmuzi

“Festival Pesona Bau Nyale Pulau Lombok kan, sudah masuk dalam kalender event pariwisata nasional, sehingga jelas akan banyak dikunjungi wisatawan. Kami optimis event ini akan mampu menggenjot pariwisata NTB, terutama pascagempa,” kata Kepala Dinas Pariwisata NTB, Mohammad Faozal, Senin (18/2/2019).

Dikatakannya, Kementerian Pariwisata sangat mendukung penuh pagelaran Festival Pesona Bau Nyale. Pemerintah pusat ikut mempromosikan event tahunan masyarakat Pulau Lombok, yang tahun ini akan dipusatkan di Kawasan Mandalika. Faozal berharap, Festival Pesona Bau Nyale menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Lombok. Ajang itu juga menjadi upaya Pemprov NTB, untuk menggairahkan kembali sektor pariwisata.

“Selain Festival Bau Nyale, pada puncak acara yang berlangsung pada 24 Februari 2019, Dispar NTB juga menyiapkan rangkaian acara menarik seperti surfing contest di Pantai Gerupuk, foto contest pada 17-23 Februari, pengelolaan desa wisata Mandalika,” jelasnya.

Acara lainnya adalah, seni peresean, dialog ekonomi kreatif, Mandalika berzikir di Masjid Nurul Bilad Mandalika, parade budaya, grand final pemilihan Putri Mandalika, kampung kuliner dan aksi bersih Pantai Seger pada 25 Februari 2019.

Sekretaris Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB, Andi, mengatakan, BPPD NTB siap mempromosikan pagelaran Pesona Bau Nyale. Andi menilai, ajang tersebut berpotensi kembali menggairahkan pariwiata NTB. “Event ini menjadi sesuatu yang bisa kita jual untuk membangkitkan pariwisata di NTB. Kita harus bersinergi, kalau event ini sukses, semoga bisa tergerak ke event yang lain,” tandasnya.

Lihat juga...