Jelang Pemilu, TNI-Polri di Tegal Mantapkan Koordinasi

Editor: Satmoko Budi Santoso

TEGAL – Semakin dekatnya pelaksanaan Pemilu 2019, TNI-Polri di wilayah Korem 071/Wijayakusuma terus melakukan koordinasi dan pemantapan pengamanan. Salah satunya adalah dengan menggelar latihan aplikasi pengamanan pemilu, guna meningkatkan kemampuan teknis maupun taktis.

Dandim 0712/Tegal, Letkol Inf. Richard Arnold Yeheskel Sangari, menyampaikan, amanat yang disampaikan Danrem 071/Wijayakusuma, Kolonel Kav Dani Wardhana adalah agar selalu memantapkan koordinasi dengan berbagai pihak, guna meminimalisir berbagai macam hambatan dan gangguan pemilu yang mungkin muncul.

ʺKita baru saja melaksanakan latihan aplikasi pengamanan pemilu, disamping untuk meningkatkan kemampuan baik teknis maupun taktis pengamanan pemilu legislatif dan presiden, sekaligus juga untuk meningkatkan dan memantapkan koordinasi TNI-Polri serta pemerintah daerah maupun instansi terkait,ʺ kata Dandim, Minggu (10/2/2019).

Latihan ini difokuskan untuk penanggulangan massa hura-hara anarkis, sekaligus menyiapkan para prajurit untuk selalu sigap dan cepat jika sewaktu-waktu dihadapkan konfik di lapangan.

Para personel juga diberikan materi prosedur dan mekanisme permintaan serta pemberian bantuan kepada Polri dalam rangka kamtibmas, penanggulangan kerusuhan massa, penanganan konflik sosial dan prosedur pengerahan pasukan.

Dengan adanya latihan aplikasi pengamanan pemilu ini, diharapkan unsur pimpinan dan anggota yang tergabung dalam peserta latihan, akan lebih paham dan mengerti apa yang harus diperbuat dan dilakukan. Sehingga, tidak terjadi kesalahpahaman atau miskomunikasi antar sesama aparat di lapangan dalam menjalankan tugas.

Lihat juga...