Bawaslu Sikka Tangani 4 Kasus Pemilu 2019

Kasus Hewokloang dan Alok Timur, disebut Aswan, pasal sangkaannya berkaitan dengan pidana. Sulit kasusnya masuk ke ranah adiministrasi, karena pasal sangkaan berbeda. “Nanti polisi yang menyampaikan apakah BAP sudah cukup atau perlu ditambah. Tapi saya pastikan bahwa durasi yang diberikan selama 14 hari kerja akan berakhir hari Selasa (11/6/2019) dan Rabu (12/6/2019),” paparnya.

Vicky da Gomez, saksi PKPI untuk pleno perhitungan dan rekpitulasi suara tingkat Kabupaten Sikka menjelaskan, dugaan penggelembungan suara di PPK Alok Timur telah dilaporkan PKPI Cabang Sikka ke Bawaslu Sikka. “Ada terjadi dugaan penggelembungan suara untuk PPP. Diari 7 TPS di desa Watugong PPP  memperoleh satu suara tetapi  dalam model DA1-DPRD kabupaten dan kota tertulis  21 suara,” terangnya.

Kemudian di Desa Lepolima tambah Vicky, dari lima TPS, PPP mendapat lima suara. Tetapi di  model DA1-DPRD kabupaten dan kota, terdapat 20 suara. PKPI menduga, penggelembungan itu untuk merebut kursi  ke-10 di Dapil  Sikka 1. “Rekapitulasi ulang Minggu (5/5/2019) di PPK Alok Timur akhirnya ditemukan tambahan 45 suara PPP. Tambahan diambil dari PKB 40 suara dan lima suara PSI. Rapat pleno mengembalikan 45 suara itu, “ pungkasnya.

Lihat juga...