Upacara HUT ke-62 Riau Digelar di Tengah Kabut Asap Karhutla

Sejumlah peserta upacara peringatan HUT ke-62 Provinsi Riau mengenakan masker akibat asap menyelimuti Kota Pekanbaru, Jumat (9/8/2019). Provinsi Riau pada usianya yang ke-62 masih dibayangi masalah lingkungan khususnya kebakaran hutan dan lahan - Foto Ant

Daerah lainnya seperti Siak ada empat titik, Pelalawan dua titik, dan Bengkalis, Kampar dan Rokan Hilir masing-masing satu titik. “Arah angin masih sama dari arah tenggara dan selatan ke utara,” jelas Yasir.

Gubernur Riau, Syamsuar, dalam pidatonya di upacara peringatan HUT ke-62 Riau menyatakan, momen hari jadi Riau ini harus dimaknai untuk mengenang kembali dan untuk melihat wajah Provinsi Riau di masa lalu, kini dan memproyeksikannya ke masa depan.

“Agar kita tidak salah haluan dan tujuan, termasuk untuk menjaga kesimbangan alam dan lingkungan yang menjadi isu strategis di dunia internasional dewasa ini seperti perubahan iklim, global warming, pembangunan berwawasan lingkungan dan lain-lain,” katanya.

Syamsuar menyebut, tema peringatan hari jadi Riau tahun ini adalah, Riau Hijau dan Bermartabat. Hal itu menjadi ajakan untuk merawat lingkungan, sebagai sumber kehidupan manusia, khususnya masyarakat adat yang hidup tunak (betah) di beberapa desa di Provinsi Riau.

Sebelumnya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau KLHK mencatat, luas indikatif Karhutla saat ini mencapai seluas 135.747 hektare. Data tersebut adalah kebakaran sejak Januari hingga Juli 2019.

“Luas Indikatif Karhutla dilakukan melalui perhitungan menggunakan Interpretasi Citra Satelit Landsat OLI/TIRS, yang dihamparkan dengan data sebaran titik panas (hotspot), sampai verifikasi di lapangan dan laporan pemadaman yang dilaksanakan Manggala Agni,” kata Kepala Seksi Peringatan dan Deteksi Dini, Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim, Eva Famurianty.

Luas indikatif Karhutla mencapai 135.747 hektare itu terdiri dari lahan gambut sebanyak 31.002 hektare dan lahan mineral 104.746 hektare. Riau jadi provinsi yang mengalami karhutla paling luas yakni 27.635 hektare. (Ant)

Lihat juga...