Kesehatan Lansia di Kecamatan Kaligondang, Baik

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURBALINGGA – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Purbalingga secara berkala melakukan pemantauan terhadap kesehatan para lansia.

Dalam pemeriksaan kesehatan lansia di Kecamatan Kaligondang, sebanyak 44 lansia yang memperoleh program rantang berkah, yaitu pengiriman makanan bergizi setiap hari Jumat, terpantau baik.

Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan DKPP Purbalingga, Sunarto, mengatakan, pemeriksaan kesehatan dengan menggandeng DKK Purbalingga ini dilakukan untuk memantau kesehatan lansia dan sekaligus evaluasi tentang program rantang berkah.

Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan DKPP Kabupaten Purbalingga, Sunarto, memaparkan kondisi lansia di Purbalingga, Jumat (4/10/2019) – Foto: Hermiana E. Effendi

“Jika tingkat kesehatan lansia penerima rantang berkah meningkat, maka artinya program berjalan dengan baik, karena dari menu rantang berkah juga sangat diperhatikan kandungan gizi yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing lansia,” terangnya, Jumat (4/10/2019).

Lebih lanjut Sunarto menjelaskan, kriteria penerima program rantang berkah adalah lansia yang sebatang kara, sudah tidak bisa bekerja lagi dan usianya di atas 60 tahun. Dan dari pantauan di lapangan, penerima rantang berkah sudah tepat sasaran, sesuai dengan kriteria.

Untuk tahun ini, jumlah penerima program rantang berkah ada 305 lansia dan 44 orang diantaranya berada di Kecamatan Kaligondang. Melihat keberhasilan program tersebut, maka tahun depan penerima program rantang berkah akan ditambah menjadi 497 orang lansia yang tersebar pada 18 kecamatan di Purbalingga.

Lihat juga...