ISEI Diharap Mampu Beri Kontribusi Nyata

Editor: Koko Triarko

MALANG – Ketua umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) sekaligus Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo. Ph.D., menekankan agar ISEI mampu memberikan kontribusi nyata bagi perekonomian Indonesia. Karenanya, ISEI diharapakan bisa terus bersinergi dengan Academician, Business, and Government (ABG) dalam menghadapi tantangan perekonomian ke depan.

Menurutnya, ISEI tidak akan bisa berkontribusi maksimal, jika para anggotanya hanya dari kalangan akademisi saja. Tapi, harus juga anggota maupun pengurusnya  berasal dari kalangan bisnis. Karena jika dari akademis saja, hasilnya hanya berupa riset, padahal yang dibutuhkan adalah riset maupun pemikiran akademis berkontribusi bagi ekonomi.

“Maka, dari pengusaha juga dimasukkan ke ISEI. Lebih dari itu, dari sisi government atau pengambil kebijakan seperti BI, OJK, pemerintah daerah juga harus turut dilibatkan dalam ISEI,  sehingga ABG ini bisa guyup rukun membangun perekonomian negeri ini,” jelasnya, saat memberikan kuliah umum sekaligus pelantikan pengurus ISEI Malang di gedung Widyaloka, Universitas Brawijaya (UB), Senin (3/2/2020).

Menurutnya, komponen ABG menjadi pilar penting, semuanya harus saling bersinergi untuk menghadapi tantangan kebdepan. Tantangan ke depan dihadapkan pada  penurunan ekonomi yang sangat susah untuk naik lagi. Termasuk juga tantangan di era digital yang harus segera bisa diantisipasi.

“Maka tantangan itu semua tidak bisa diselesaikan sendiri, tapi harus dengan bersinergi,” ucapnya.

Lebih lanjut, terkait perekonomian di Malang, Perry menilai yang menjadi sumber pertumbuhan ekonomi di Malang salah satunya adalah sektor edukasi industri kreatif, di samping agribisnis, dan wisata.

Lihat juga...