Petani di Cilacap Antusias Tanam Semangka Golden

Editor: Koko Triarko

CILACAP – Semangka golden, yaitu semangka yang kulit luarnya berwarna kuning dan buahnya juga berwarna kuning sudah mulai ditanam beberapa petani di Kabupaten Cilacap. Jika uji coba tanam semangka golden ini berhasil, hasil panennya akan ditampung oleh Taman Buah Mekarsari di Bogor.

Tawaran kerja sama yang disampaikan Yayasan Damandiri tersebut disambut antusias oleh para petani di Desa Madura, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap. Mengingat konsumen semangka golden masih terbatas, sehingga petani membutuhkan pasar khusus yang siap menampung hasil panen mereka.

“Semangka golden itu konsumennya masih sangat terbatas, karena yang umum dikonsumsi masyarakat adalah semangka merah. Karena itu, jika ada yang siap menampung hasil panen kita, para petani baru mau menanam semangka golden,” kata salah satu petani semangka dan melon, Syariman, Kamis (19/11/2020).

Lebih lanjut Syariman mengatakan, saat ini beberapa petani baru mulai uji coba untuk menanam semangka golden. Usia tanaman sekarang sudah menginjak dua bulan. Dari pihak Taman Buah Mekarsari, mematok hasil panen semangka golden minimal dengan berat 2 kilogram per buah dan kualitas buahnya dalam kondisi bagus. Dan, harga yang ditawarkan kisaran Rp3.000 hingga Rp5.000 per kilogram.

“Kalau saya bersedia sekali untuk menanam semangka golden, apalagi hasil panen sudah pasti dibeli oleh Taman Buah Mekarsari,” tuturnya.

Syariman memiliki lahan seluas 1 hektare lebih. Selama ini lahan tersebut ditanami melon dan semangka. Ada sekitar 5.000 pohon melon dan 7.000 pohon semangka di lahannya yang terletak di Desa Rejasari, Kecamatan Langensari.

Lihat juga...