Universitas Andalas Padang Persiapkan Program Kampus Merdeka

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PADANG – Pihak Universitas Andalas Padang, Sumatera Barat, masih terus membahas untuk menerapkan program kampus merdeka seperti yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Wakil Rektor I Universitas Andalas, Prof. Dr. Mansyurdin, MS mengatakan, pelaksanaan program kampus merdeka dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan soft skill dan hard skill mahasiswa agar siap untuk memasuki dunia kerja.

“Saat ini kami tidak hanya sebatas mempersiapkan program kampus merdeka saja, namun juga sedang menyiapkan kebijakan, peraturan, SOP, organisasi, sistem IT, kerjasama dan banyak hal terkait dengan program ini,” katanya, Kamis (19/11/2020).

Ia menyebutkan untuk menyiapkan kebijakan itu, pihak kampus pun telah menggelar Forum Group Discussion (FGD) yang melibatkan berbagai pihak. Tujuan agar ada semacam masukan atau ide supaya program kampus merdeka bisa berjalan optimal di Universitas Andalas ini.

“Kita berharap banyak mendapatkan pemahaman dari narasumber terkait pelaksanaan magang di perusahaan yang  dituju bagi mahasiswa maupun dosen,” ujarnya.

Dia menjelaskan sesuai yang diamanatkan dalam Undang-Undang No.3 tahun 2020 menyebutkan bahwa perguruan tinggi wajib memfasilitasi pelaksanaan program kampus merdeka.

Untuk itu bidang akademik Universitas Andalas bersama dengan jajaran pimpinan serta tim telah menyiapkan pedoman akademik terkait pelaksanaan kampus merdeka ini.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, selama ini program magang atau dikenal dengan istilah PKL dilakukan pada jurusan tertentu selama 1-3 bulan saja.

Manfaat yang didapatkan oleh perusahaan dan mahasiswa juga masih minim. Untuk itu program kampus merdeka ini tepat sekali dilakukan dalam upaya peningkatan skill mahasiswa.

Lihat juga...