Kebutuhan Ikan Jelang Tahun Baru di Lamsel, Meningkat

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Kebutuhan ikan yang meningkat saat malam pergantian tahun baru, menguntungkan para pedagang. Aktivitas memanggang, membakar ikan atau barbeque bersama jagung, daging ikut mendongkrak permintaan untuk kegiatan bakar-bakar.

Murwanto, pedagang ikan di Pasar Bakauheni, Lampung Selatan (Lamsel) menyebut, stok ikan laut dan ikan tawar disediakannya.

Pada kondisi normal Murwanto bilang, menyediakan stok ikan jenis lele, emas, patin dua kuintal per hari. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan hari biasa, hanya mencapai satu kuintal per hari.

Stok tambahan diperoleh dari sejumlah pemilik kolam yang ada di Lampung Timur sebagian asal Jawa Barat. Pasokan ikan yang naik dua kali lipat imbas permintaan masyarakat bertambah.

Dua hari sebelum malam pergantian tahun sejumlah pemasok mengirim ikan dalam kondisi hidup. Stok ikan hidup dari sejumlah pemilik kolam akan ditampung pada bak penampungan.

Ikan air tawar jenis lele, patin, emas dan nila dijual dengan harga Rp20.000 hingga Rp25.000 per kilogram. Sementara jenis ikan gurame dijual Rp45.000 per kilogram. Meski permintaan meningkat ia tidak menaikkan harga.

“Ikan air tawar banyak diminta konsumen yang akan mempergunakannya untuk acara bakar-bakar ikan, stok dua kali lipat kami sediakan untuk warga yang akan menikmati suasana malam pergantian tahun hingga tahun baru dengan permintaan minimal dua kilogram,” terang Murwanto saat ditemui Cendana News, Selasa (29/12/2020).

Sebagian konsumen sebutnya memilih jenis ikan air tawar. Sebab jenis ikan tersebut kerap dijual dalam kondisi hidup. Proses pengiriman ikan air tawar sebutnya kerap menggunakan drum plastik berisi air.

Lihat juga...