Wisuda di Tengah Pandemi, Andre Datang Menggunakan Sepeda

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Saat hampir semua mahasiswa datang menggunakan mobil pribadi bercat kinclong, Andre Prasetyo, justru datang memasuki kompleks kampus pusat Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) dengan menggunakan sepeda onthel tua kesayangannya.

Dengan bangga, ia nampak mengenakan pakaian toga, untuk bersiap melaksanakan prosesi wisuda mahasiswa yang digelar dengan sistem “drive thru” oleh pihak kampus UMBY selama 3 hari, sejak hari kemarin.

Gelar sarjana strata satu yang diidam-idamkannya kini resmi diraihnya, meski sempat tertunda karena pandemi Covid-19. Membonceng seorang temannya, ia nampak mengikuti setiap prosesi wisuda yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Mulai dari pintu masuk utama, ia sudah harus disemprot cairan disinfektan, kemudian menuju rektorat tempat wisuda juga harus menjaga jarak dengan wisudawan lainnya. Selain wajib bersarung tangan, saat hendak masuk gedung, ia juga harus dicek suhu, dan diberi face shield. Tak ada jabat tangan sama sekali. Tali di topi toga juga hanya digeser dengan jarak aman oleh Rektor UMBY, Dr. Alimatus Sahrah, M.Si, MM.

Mahasiswa Program studi Agroteknologi Fakultas Agroindustri ini mengaku, sengaja memakai sepeda onthel tua, agar terlihat beda dengan kebanyakan mahasiswa lainnya yang menggunakan sepeda motor bahkan mobil. Terlebih hal itu ia lakukan di momen istimewa seperti wisuda.

“Biar terlihat unik saja, beda sama yang lain,” kata Robi dengan mulut tertutup masker, dan memakai face shield.

“Saya memakai sepeda karena saya paham dengan situasi pandemi ini, supaya ramah lingkungan dan tidak membuat macet kendaraan. Serta menghindari keramaian berkumpul, dan yang paling penting berhubung saya jurusan Agroteknologi/pertanian, sepeda juga bisa berhubungan dengan pertanian,” tuturnya penuh semangat.

Lihat juga...