2021, Sungai Cileungsi Tetap Alami Pencemaran

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BOGOR – Hingga awal tahun 2021 pencemaran Sungai Cileungsi, Kabupaten Bogor hingga berimbas ke Kali Bekasi masih tetap terjadi, tidak ada perubahan. Ironisnya, bentuk pencemaran masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, berbusa dan mengeluarkan aroma menyengat.

Hingga sekarang belum ada tindakan apa pun kepada penyumbang pencemaran oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat meskipun berulang kali diprotes beragam pihak. Pencemaran Sungai Cileungsi umumnya terjadi dari hulu yakni wilayah Kabupaten Bogor.

“Pencemaran Sungai Cileungsi, memang terjadi di Kabupaten Bogor. Imbasnya pasti ke Kali Bekasi, dan sampai hari ini masih terjadi. Meski tidak separah beberapa hari lalu,” ungkap Wawan Ramdhani, salah satu Tim Patroli Sungai bentukan Dinas Lingkungan Hidup Jabar, kepada Cendana News, Rabu (6/1/2021).

Wawan Ramadhan, salah satu Tim Patroli Sungai bentukan Dinas LH Jawa Barat, saat dijumpai Cendana News, Rabu (6/1/2021). Foto: Muhammad Amin

Dikatakan, bahwa atas kejadian pencemaran Kali Cileungsi tersebut, timnya sudah melakukan investigasi ke berbagai titik penyebab pencemaran. Hasilnya, sudah dilaporkan ke Dinas Lingkungan Hidup Jabar. Untuk pengamatan langsung bisa melihat dari jembatan Cikuda, sampai hari ini pencemaran Sungai Cileungsi masih terjadi.

Menurut dia,  hasil investigasi Tim Patroli Sungai terdapat ratusan perusahaan industri yang membuang limbah langsung ke Sungai Cileungsi. Meskipun ada beberapa perusahaan yang menggunakan IPAL tapi terlihat tidak standar karena masih pekat dan mengeluarkan aroma menyengat.

Lihat juga...