Pedas Manis dan Gurihnya Rendang Ayam Rumahan

Editor: Mahadeva

Olahan kuliner rendang daging ayam. Meski tekstur daging tidak sama, namun cita rasa yang ditawarkan tidak jauh berbeda. Foto Arixc Ardana

SEMARANG – Siapa yang tidak kenal rendang. Menu kuliner tersebut, selalu tersedia di setiap rumah makan Padang. Citarasa yang enak, gurih ditambah tekstur daging yang empuk, menjadikan rendang sebagai menu favorit.

Uniknya, selain dari daging sapi, rendang juga bisa dikreasikan dengan bahan baku daging ayam. Rasanya, tidak jauh berbeda, selain enak, daging ayam juga lebih empuk saat dimakan. Pastinya juga harganya lebih murah dibanding daging sapi.

“Kebetulan kami sekeluarga termasuk penggemar masakkan Padang, termasuk rendang. Namun kalau beli setiap hari, tentu berat di ongkos. Lalu tercetus, bagaimana jika memasak sendiri, namun tidak menggunakan daging sapi. Diganti dengan daging ayam,” papar penggemar rendang, Vita Vebrianti, saat ditemui di rumahnya, di Semarang, Sabtu (30/1/2021).

Warga Plamongan Hijau, Pedurungan, Kota Semarang tersebut memilih daging ayam, karena selain lebih terjangkau, juga lebih mudah pengolahannya dibanding daging sapi. “Rendang sapi itu memasaknya harus lama, dengan api kecil, agar bumbu meresap dan daging terasa empuk. Namun kalau membuat sendiri, terutama bagi kita yang punya kesibukan lain, tentu akan merepotkan karena memakan waktu lama. Itu sebabnya, dipilih daging ayam,” tandasnya.

Penggemar kuliner rendang ayam, Vita Vebrianti saat ditemui di rumahnya, di Semarang, Sabtu (30/1/2021). Foto Arixc Ardana

Untuk membuat rendang ayam, bahan yang dibutuhkan berupa daging ayam dan kentang yang sudah dikupas dan dipotong dadu. Sedangkan untuk bumbu, digunakan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, serai, jahe, lengkuas, daun jeruk, daun salam. “Semua bumbu diulek, namun untuk memudahkan bisa diblender. Agar mesin tidak berat kerjanya, bisa ditambahkan minyak goreng di dalam bumbu yang dihaluskan tersebut,” lanjutnya.

Lihat juga...