Pedas Manis dan Gurihnya Rendang Ayam Rumahan

Editor: Mahadeva

Olahan kuliner rendang daging ayam. Meski tekstur daging tidak sama, namun cita rasa yang ditawarkan tidak jauh berbeda. Foto Arixc Ardana

Langkah berikutnya, siapkan wadah berupa wajan besar. Kemudian masukkan perasan santan kelapa. “Setidaknya dibutuhkan santan dari lima buah kelapa, untuk memasak sekitar dua sampai tiga kilogram daging ayam. Jangan lupa masukkan garam dan gula pasir. Setelah mendidih, matikan kompor dan diamkan sekitar 15 menit,” lanjut Vita.

Santan yang sudah dimasak tersebut, akan membentuk hamparan di atas wajan. “Ambil bagian atas santan yang kental tersebut, untuk melumuri atau marinasi daging ayam. Setidaknya, selama satu jam. Sambil menunggu, marinasi daging ayam, Kita siapkan wajan baru untuk menyangrai atau menggoreng tanpa minyak parutan kelapa, dengan api kecil,” paparnya.

Vita menyebut, parutan kelapa sangrai menjadi kunci kelezatan rendang ayam. “Jangan sampai gosong, sangrai hingga warna berubah kecoklatan. Agar tidak gosong, gunakan api kecil dan aduk terus menerus,” papar ibu empat anak tersebut.

Setelah semua bahan siap, proses memasak rendang ayam dilakukan. Caranya, tumis bumbu yang sudah dihaluskan, hingga kecoklatan, kemudian masukkan santan yang sudah direbus sebelumnya. “Jika warnanya sudah berubah menjadi kecoklatan dan keluar minyak santan, masukkan daging ayam yang sudah dimarinasi. Jangan lupa untuk terus diaduk, dan gunakan api kecil. Tambahkan merica dan ketumbar bubuk, kaldu bubuk, garam, gula pasir sesuai selera,” terangnya.

Memasak rendang bukan perkara yang mudah, namun setidaknya dengan menggunakan daging ayam, waktu yang diperlukan tidak selama memasak rendang daging sapi.  “Kalau santan sudah mulai berkurang atau asat, masukkan kelapa parut yang tadi sudah disangrai. Aduk sesekali, agar tercampur rata.  Masak terus hingga warna berubah coklat tua, jangan lupa sambil terus diaduk, cek daging ayam. Jika sudah empuk dan santan meresap, berarti sudah matang dan siap disantap,” tandasnya.

Lihat juga...