Tumbuhkan Kewirausahaan, Pendidikan Vokasi Harus Dikembangkan di NTT

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

“Banyak peluang kerja yang ada di Kabupaten Sikka di sektor swasta asal para sarjana kreatif, inovatif dan giat berusaha. Kalau sekadar tamat kuliah dan berharap lulus tes pegawai negeri maka akan sulit karena kuota pun kian terbatas,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, dalam pidatonya saat peresmian Bendungan Napun Gete di Desa Ilinmedo, Kecamatan Waiblama menyebutkan, bercita-cita menjadikan Kabupaten Sikka sebagai gerbang industri Flores.

Robi sapaannya mengatakan, Kabupaten Sikka juga akan dikembangkan menjadi ekosistem industri maritim. Pihaknya mengadopsi Solo Techko Park sehingga diperlukan lembaga pendidikan vokasi.

Kampus Universitas Nusa Nipa (Unipa) Maumere, Kabupaten Sikka, NTT saat disaksikan, Kamis (25/2/2021). Foto: Ebed de Rosary

“Apa yang kita rencanakan perlu didukung dengan kehadiran pendidikan vokasi yang ada di Kabupaten Sikka, seperti Cristo Re sebagai adopsi ATMI Solo dan Unipa Maumere, yang usulan status negerinya sudah memenuhi syarat, dan sedang menunggu keputusan presiden,” terangnya.

Lihat juga...