Haryono Suyono: Kampus Merdeka Harus Bantu Masyarakat Desa

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Mantan Kepala BKKBN, sekaligus Mantan Menteri Kependudukan dan Menko Kesra di era Presiden Soeharto, Prof. Dr. Haryono Suyono, MA , PhD, mendorong mahasiswa agar mampu mewujudkan ekonomi mandiri di tingkat desa, di tengah situasi pandemi melalui program KKN atau Kuliah Merdeka yang dicanangkan pemerintah saat ini.

Hal itu bisa dilakukan salah satunya dengan mendorong setiap guru baik tingkat SD atau SMP agar mengajak seluruh siswanya mengolah lingkungan sekitar rumah masing-masing agar lebih produktif, tanpa harus keluar rumah.

Kegiatan semacam ini dikatakan bisa dijalankan misalnya dengan menanam sayur-sayuran, membuat pupuk organik, beternak ayam, dan sebagainya.

“Sebelum memulai pelajaran daring, guru bisa mengajak siswa untuk bangun pagi-pagi sekali dan mulai mengolah lingkungan rumah masing-masing. Misalnya saja menanam sayur-sayuran, beternak ayam, dan sebagainya. Sehingga anak bisa belajar hal baru. Setelah itu, baru melaksanakan pelajaran daring seperti biasanya,” ujarnya dalam webinar bertemakan Akselerasi Pembangunan Desa Melalui Implementasi Kampus Merdeka, yang digelar Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Kamis (4/3/2021).

Dalam rangka meningkatkan akselerasi pembangunan desa, mahasiswa dikatakan juga dapat bergerak di sektor perekonomian, yakni dengan mengajak organisasi sosial maupun instansi swasta dalam mengatasi persoalan ekonomi di desa.

Misalnya saja, membantu usaha masyarakat desa dari sisi pemasaran dengan memanfaatkan promosi lewat medsos.

“Di sektor pendidikan mahasiswa KKN bisa mendampingi anak-anak untuk belajar dari rumah. Caranya dengan memetakan siswa mana saja yang butuh pendampingan. Lalu mendatangi siswa tersebut. Mahasiswa KKN di sini akan berfungsi sebagai guru menggantikan orang tua yang tidak mampu atau tidak punya waktu dalam mendampingi belajar siswa,” katanya.

Lihat juga...