Totalitas Kelola Produk Kunci Sukses Kembangkan Segmen Pasar

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Totalitas kecintaan pada suatu produk dan mengubahnya menjadi bisnis,  menjadi salah satu kunci sukses usaha yang dijalani. Karena selain penuh kesenangan, pengembangan produk juga akan didasarkan pada pengalaman sendiri.

Founder Avtech (Adventure Technology), Yudi Kurniawan, menceritakan awal membuat Avtech adalah karena sebagai pelaku olahraga alam terkendala oleh harga peralatan dan perlengkapan yang mahal serta masih jarang ditemui.

Founder Avtech (Adventure Technology) Yudi Kurniawan saat ditemui di Outlet Avtech Setu Jakarta Timur, Selasa (23/3/2021) – Foto: Ranny Supusepa

“Tahun 1990-an itu masih jarang yang namanya tempat jual perlengkapan buat kami para pecinta alam. Kalau ada, harganya mahal. Sementara ingin naik gunung, butuh peralatan dan perlengkapan. Akhirnya saya mencoba untuk membuat perlengkapan. Ya sampai sekarang, sudah 20 tahun lebih dan alhamdulillah berjalan baik, bisa membantu para pelaku olahraga alam serta bisa membuka lapangan kerja juga,” kata Yudi saat ditemui di Outlet Avtech Setu Jakarta Timur, Selasa (23/3/2021).

Awalnya, ia hanya membuat dompet dan kantung tidur. Tak disangka, buatannya ini disukai oleh teman-temannya.

“Kenapa dompet? Karena jahitnya mudah. Cuma lurus saja. Saya beli bahan di Tanah Abang lalu saya belajar menjahit dari nenek saya. Ternyata teman-teman saya pada suka. Akhirnya saya jadikan bisnis,” tutur alumnus SMA Boedoet Jakarta tahun 1990 ini.

Masa kuliah, Yudi menceritakan, ia membuka toko di rumah orang tuanya, daerah Sunter Podomoro Jakarta.

“Tahun 1994, saya buka toko. Modalnya cuma Rp500 ribu. Kalau ada pesanan baru bisa produksi. Belum ada itu yang namanya sosmed. Pokoknya dari mulut ke mulut saja iklannya,” kenangnya.

Lihat juga...