Ulet, Kunci Sukses Tekuni Usaha Kuliner

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Peluang usaha kecil menjadi salah satu sumber penghasilan tetap bagi sejumlah warga Bandar Lampung.

Memanfaatkan lokasi strategis sebagai aset yang tak berwujud (intangible asset) dilakukan Nur Ahmad (52) di depan area pendopo rumah dinas Gubernur Lampung. Lokasi strategis itu juga berada di dekat pusat perkantoran lembaga pemerintah dan swasta di Jalan Dokter Susilo.

Nur Ahmad bilang, lokasi tersebut digunakan olehnya untuk berjualan memakai motor gerobak. Motor yang telah dimodifikasi dengan etalase dipakai untuk berjualan mi ayam.

Menu kuliner yang disukai berbagai kalangan sebutnya memakai modal sekitar Rp15 juta. Modal itu digunakan untuk membeli motor bekas pakai, etalase. Investasi modal dilakukan setelah sebelumnya memakai gerobak dorong.

Kunci usaha kuliner mi ayam sebutnya, selain keuletan adalah menciptakan rasa khas yang sesuai dengan lidah pelanggan. Nur Ahmad yang dikenal sebagai pemilik Mi Ayam Ompong menyebut sejak akhir 2020 bergeser lokasi sekitar 50 meter dari depan pendopo gubernur Lampung.

Namun ia mengaku lokasi di jalan yang sama masih tetap strategis. Buka sejak pukul 07.00 WIB ia akan tutup maksimal hingga pukul 17.00 WIB.

“Usaha kecil berjualan mi ayam bagi saya sebuah investasi karena saya bisa meningkatkan nilai jual bahan baku berupa mi, sayuran dan daging ayam untuk memperoleh keuntungan, selanjutnya diinvestasikan dalam bentuk aset tak bergerak untuk tabungan,” terang Nur Ahmad saat ditemui Cendana News, Selasa (16/3/2021).

Setiap hari Nur Ahmad mengaku bisa menjual sebanyak 10 kilogram mi ayam. Jumlah itu selalu habis dinikmati oleh pelanggan dari berbagai kalangan baik pegawai, tukang ojek hingga petugas kebersihan.

Lihat juga...