Ini Kunci Sukses Merintis Usaha ‘Clothing Line’

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SEMARANG – Usaha clothing line atau busana, kian diminati para anak muda. Namun, meski terkesan mudah, ternyata membuka clothing line tidak sesederhana yang dibayangkan.

Tak jarang, bagi mereka yang kurang persiapan, usaha yang dirintis pun tumbang dengan mudah. Apalagi dalam konsep tersebut, semua dikerjakan sendiri, mulai dari pembuatan desain, produksi hingga pemasaran.

“Memang tidak mudah untuk bergerak di bidang clothing line, apalagi saat ini ada banyak brand yang tumbuh, sehingga persaingan juga ketat. Untuk itu, ada beberapa hal perlu kita diperhatikan sebelum merintis usaha ini,” papar Sebastian Gary, pemilik usaha clothing line Prigel, saat ditemui di Semarang, Selasa (13/4/2021).

Sebastian Gary, pemilik usaha clothing line Prigel, saat ditemui di Semarang, Selasa (13/4/2021). Foto: Arixc Ardana

Menurutnya, jika ingin terjun di bisnis tersebut, harus memiliki passion atau minat dan konsistensi.

“Memang harus punya minat dulu, lalu konsisten, sebab membangun usaha tersebut butuh proses dan waktu. Tidak bisa instan,” papar pria yang berlatar belakang sebagai seniman mural tersebut.

Kunci lainnya, dalam usaha tersebut, yakni mampu melihat tren dan minat konsumen, yang lebih banyak menyasar anak muda.

“Kekuatan clothing line itu terletak dari kemampuan melihat tren, ini modal utama, karena selera pembeli terus berganti. Itu sebabnya, produk yang diproduksi oleh clothing line terbatas, tidak massal, karena tren terus berubah,” lanjutnya.

Di satu sisi, setiap brand harus memiliki ciri khas tersendiri, sehingga menjadi karakter yang berbeda dengan merek lain.

Lihat juga...