Memperbanyak Dzikrullah

OLEH: HASANUDDIN

MENGINGAT Allah swt atau dzikrullah salah satu yang amat ditekankan dalam Al-Qur’an. Terdapat 267 kali anjuran melakukan dzikrullah ini disebutkan dalam berbagai derivasinya, antara lain; Q.S. Al-Ahzab/33:41-42:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللهَ ذِكْرًا كَثِيرًا (41) وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلاً (42)

“Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.”

Juga dalam Al-Qur’an Surah An-Nisa’/4:103:

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلاةَ فَاذْكُرُوا اللهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِكُمْ فَإِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَأَقِيمُوا الصَّلاةَ إِنَّ الصَّلاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا (103)

” Maka apabila kamu telah menyelesaikan sholat (mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah sholat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.”

Juga dalam firman-Nya pada surah Ali-Imran/3:91 “Ingatlah kepada Allah dalam keadaan berdiri, duduk atau di waktu berbaring”. Yang dapat dipahami bahwa bagi seorang muslim, dzikir merupakan suatu amalan yang senantiasa dapat di lakukan, dan hendaknya di lakukan dalam segala situasi dan keadaan.

Dzikir yang Paling Diutamakan

Rasulullah Muhammad saw dalam berbagai kesempatan, sebagaimana terdapat dalam sejumlah hadits beliau menekankan arti penting kedudukan dzikir ini, serta telah memberikan contoh dalam pelaksanaannya untuk diikuti oleh para kaum muslimin.

Mengingat Allah swt, sambil mengucapkan kalimat La Ilaha Illa Allah, merupakan dzikir yang paling diutamakan. Beliau misalnya mengatakan: “Yang paling mulia (dari kalimat dzikir) adalah la ilaha illa Allah. Sabdanya lagi, “yang paling mulia dari dzikir para Nabi-Nabi sebelumku, adalah la ilaha Illa Allah. Juga Beliau menyampaikah bahwa; “la ilaha illa Allah, adalah benteng (perlindunganku), barangsiapa yang memasuki benteng perlindunganku ini, aman dari siksa Allah swt”.

Lihat juga...