Inovasi Zuma Karambia, Solusi Guru Mengajar di Tengah Pandemi
JAKARTA — Inovasi kreatif Zuma Karambia (Zuma PenjUMlAhan, PerKAlian, PenguRAngan, PeMBagIAn) yang dimainkan menyerupai permainan ular tangga dapat menjadi solusi guru mengajar di tengah pandemi.
“Media Zuma Karambia ini dapat digunakan untuk memotivasi peserta didik, men-drill soal-soal sehingga peserta didik diharapkan mampu memecahkan masalah tanpa disadari,” kata pencipta karya Zuma Karambia, Yuni Mukti Hariyanti merupakan salah satu peserta dan finalis Linkar tahun 2018 dengan judul karya “Lintasan Kekal” serta finalis Linkar 2021 dengan judul karya “Zuma Karambia”, dalam keterangannya, Kamis (24/6/2021).
Ia mengatakan, dalam permainan itu kartu soal dapat dimodifikasi menggunakan soal mengenai mata pelajaran yang lainnya. Sehingga nantinya media ini tidak hanya digunakan untuk mata pelajaran matematika saja, tetapi juga dapat digunakan untuk mata pelajaran yang lainnya.
Zuma Karambia dibuat menyerupai sebuah permainan Zuma yang cara permainannya menyerupai ular tangga sehingga dapat digunakan untuk memotivasi peserta didik mendriling soal operasi hitung bilangan dengan mudah, sederhana dan menarik dan mampu meningkatkan kecepatan dan ketepatan peserta didik dalam menyelesaikan soal hitung bilangan.
Alat peraga ini terdiri dari satu set papan Zuma yaitu papan bergambar lintasan untuk permainan dan dilengkapi dengan dadu, kartu soal, kartu jawaban, dan ikon berbentuk gajah.
Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Astra Michael D Ruslim (YPA-MDR), Herawati Prasetyo dalam sebuah diskusi virtual Ngopi (Ngobrolin Pembelajaran & Inspirasi) ke-3 tahun 2021 bertema “Merancang Media Pembelajaran IPA dan Matematika Yang Menarik Bareng finalis Lomba inovasi Guru“ belum lama ini mengatakan guru memiliki peran strategis sebagai penggerak perubahan di dunia pendidikan.