Pendidikan Akuakultur Kembangkan Pengetahuan Sistem Bioflok

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

“Peluang kerja di bidang ini masih sangat terbuka luas dan kalau toh memilih tidak bekerja, keahlian yang diperoleh bisa untuk membuka peluang usaha sendiri. Sebab, konsumsi ikan sekarang ini sedang digalakkan, dan ini merupakan satu poin, peluang bagus untuk usaha bidang perikanan,” tuturnya.

Suwarsito memaparkan, tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia terus meningkat. Tahun ini konsumsi ikan sudah mencapai 56 kilogram per kapita tiap tahun, meningkat sangat tajam dibanding tahun 2011 yang hanya 36 kilogram per kapita per tahun.

Dengan asumsi tingkat konsumsi saat ini, tiap tahun dibutuhkan sekitar 13 juta ton produk ikan per tahun. Maka, lulusan akuakultur sangat dibutuhkan untuk melakukan budidaya ikan guna memenuhi kebutuhan konsumsi ikan di masyarakat.

Terpisah, Kepala Biro Publikasi dan Admisi (BPA) UMP, Dr. Yudha Febrianta, mengatakan, penerimaan mahasiswa baru UMP tahun akademik 2021-2022 sekarang ini terbagi dalam tiga gelombang.

“Gelombang pertama sudah tutup pada 31 Maret 2021 yang lalu, gelombang kedua akan berakhir pada 30 Juni 2021, dan gelombang ketiga akan dibuka pada 1 Juli hingga 31 Agustus 2021,” terangnya.

Lihat juga...