Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong Rintis Forum Diktisoraya

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Kepala BRSDM Kementerian Kelautan Perikanan (KKP), Sjarief, mengapresiasi pembentukan Forum Pendidikan Tinggi Sorong Raya (DIKTISORAYA) yang dirintis oleh Politeknik KP Sorong. Hal itu salah satu bentuk dukungan dalam mewujudkan tiga program terobosan KKP, yang digaungkan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono.

“Ini merupakan terobosan untuk peningkatan PNBP sumber daya alam perikanan tangkap dan kesejahteraan nelayan, pengembangan perikanan budidaya untuk komoditas ekspor dengan dukungan riset, dan pengembangan kampung-kampung perikanan berbasis kearifan lokal,” kata Sjarif, Kamis (24/6/2021).

Dikatakan, perguruan tinggi KKP patut mendukung program prioritas kementerian dengan cara mempersiapkan anak didik siap pakai dan dapat langsung bekerja atau menjadi wirausaha di dunia usaha maupun dunia industri sektor KP.

“Civitas akademika pada Politeknik di bawah KKP diarahkan untuk menjadi agent of change pada sektor kelautan dan perikanan lewat peningkatan kapasitas sumber daya terdidik,” tandasnya.

Hal ini berkaitan juga dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Program Nasional Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Untuk itu, ia mengajak seluruh pihak agar dapat saling menguatkan landasan transformasi pendidikan tinggi ke depan.

Melalui forum DIKTISORAYA, diharapkan dapat memaksimalkan usaha bersama untuk menghasilkan karya inovasi bersama, memperluas jejaring, dan meningkatkan kerja sama mutual, baik dalam maupun luar negeri, untuk menuju kualifikasi pendidikan tinggi yang unggul.

Dia berharap kegiatan yang ada di Politeknik KP Sorong dapat dijadikan sebagai percontohan bagi perguruan tinggi lainnya, serta dapat memberikan kemanfaatan untuk kesejahteraan masyarakat sekitar.

Lihat juga...