Dieng Garden Panen Stroberi Jenis Mencit dan California

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANJARNEGARA – Meski masih belum bisa beroperasi akibat kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang terus diperpanjang, Unit Usaha Koperasi KUD Jasa Pelita Sejahtera Mandiri, yakni Dieng Garden, membuktikan diri tetap mampu eksis dan produktif di tengah pandemi.

Unit usaha Dieng Garden, yang dibangun Yayasan Damandiri, sebagai bagian program pemberdayaan Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) di Desa Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, sejak 2020 lalu, mampu menghasilkan sejumlah komoditas buah, salah satunya adalah jenis stroberi.

Manajer Umum Koperasi Jasa Pelita Sejahtera Mandiri, Elina Ningtrias, selaku pengelola Dieng Garden, menyebut pihaknya saat ini sedang memanen komoditas buah stroberi yang ditanam sejak awal tahun 2021 lalu.

Manajer Umum Koperasi Jasa Pelita Sejahtera Mandiri, Elina Ningtrias, dijumpai Cendana News, Kamis (19/8/2021) – Foto: Jatmika H Kusmargana

Dari sekitar 2000 bibit stroberi yang ditanam, Dieng Garden rata-rata mampu menghasilkan sebanyak 1,5 kilogram stroberi setiap harinya.

“Stroberi yang kita tanam ini merupakan jenis California dan Mencit. Bibitnya langsung kita datangkan dari Ciwedei, Bandung, Jawa Barat. Bibit ini merupakan bibit unggul yang mampu menghasilkan buah super dengan berat mencapai 40 gram per biji,” ungkapnya, Kamis (19/8/2021).

Untuk sementara, hasil panen stroberi yang dihasilkan Dieng Garden ini dipasarkan oleh Koperasi Jasa Pelita Sejahtera Mandiri untuk warga masyarakat sekitar sebagai buah konsumsi. Hal ini tak lepas karena selama masa PPKM kawasan wisata Dieng masih sepi pengunjung maupun wisatawan, baik lokal maupun luar daerah.

Lihat juga...