Pecatur Polandia Rebut Juara Piala Dunia Catur FIDE 2021

Puncak kegemilangan Duda sebenarnya terjadi di semifinal saat ia secara mengejutkan mengalahkan pecatur terbaik dunia GM Magnus Carlsen (2847) yang sangat difavoritkan menjuarai turnamen ini.

GM Magnus Carlsen akhirnya harus puas berada di posisi ketiga setelah memenangi pertandingan keduanya melawan GM Vladimir Fedoseev (2700) untuk mencetak skor 2-0 dan berhak atas hadiah $48.000 (sekitar Rp690 juta). Fedoseev yang berada di posisi keempat berhak atas hadiah sebesar $40.000 (Rp574 juta).

“Saya tidak pernah benar-benar mengalami hal seperti ini sebelumnya, setidaknya dalam catur klasik,” kata Duda dalam wawancara yang disiarkan laman Federasi Catur Internasional (FIDE) setelah memenangi Piala Dunia.

Dengan mencapai final dan memastikan diri ke turnamen kandidat pun sebenarnya Duda sudah membuat sejarah bagi catur Polandia pada dua hari lalu. Terakhir kali pemain Polandia lolos ke turnamen Kandidat adalah Miguel Najdorf pada tahun 1953.

“Saya sangat senang catur menjadi populer di Polandia baru-baru ini. Saya senang bermain catur, mempromosikannya di negara saya dan di seluruh dunia. Saya sangat senang,” kata Duda yang meraih gelar grandmaster pada usia 15 tahun, 21 hari itu. (Ant)

Lihat juga...