Pengelolaan Warung Kita di Kedungkangdang Mulai Membaik

Editor: Koko Triarko

MALANG – Warung Kita sebagai salah satu unit usaha Koperasi Unit Desa (KUD) Suluh Sejahtera Mandiri di Kedungkandang, terus berbenah untuk memperbaiki kondisi keuangan, sekaligus menambah pelanggan. Pasalnya, selama hampir dua tahun berdiri, dengan berbagai permasalahannya Warung Kita yang berlokasi di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Kedungkandang ini belum mampu menghasilkan laba yang ditargetkan. 

Kepala Unit Modal Kita sekaligus penanggung jawab warung yang baru, Sufi Chusnianingsih, mengaku di tahun awal berdirinya Warung Kita memang ada beberapa permasalahan dan pengelolaan yang kurang tepat, yang pada akhirnya justru mengakibatkan Warung Kita tidak mampu berkembang dan kalah bersaing.

Menurutnya, di tahun pertama modal warung justru banyak tergerus untuk membayar gaji karyawan penjaga toko. Padahal, waktu itu laba yang diperoleh warung belum seberapa dan pelanggannya juga belum banyak.

“Harusnya diawal-awal buka, jangan dulu mengambil karyawan baru untuk menjaga toko, karena masih bisa kita pegang sendiri. Sekarang akibatnya modal warung sudah habis dan hanya menyisakan beberapa barang saja untuk dijual,” jelasnya, kepada Cendana News.

Disampaikan Sufi, terhitung sejak Februari 2021 kemarin ia mendapatkan kepercayaan sebagai penanggung jawab warung. Pada saat itu, kondisi keuangan warung sudah minus dan ia hanya ditinggali beberapa produk saja tanpa ada sisa dana dari pengurus yang lama.

“Dari sisa barang itu, akhirnya kita jual dan hasilnya kita putar lagi. Alhamdulillah, sekarang sudah ada sisa kas yang berkembang terus, terutama dari LPG,” sebutnya.

Kalau dulu ada pengeluaran untuk gaji penjaga toko, sekarang sudah tidak ada lagi. Karena ia digaji dari unit Modal Kita, bukan dari laba warung.

Lihat juga...