Pepes Lele Cabai Hijau, Mantap

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Ikan lele kerap dijadikan menu lauk makan dengan cara digoreng dan dibuat pecak. Namun, cara pengolahan ikan lele menjadi pepes disajikan oleh Suyatinah, sebagai alternatif menu tradisional yang kaya protein. Warga Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan itu membuat pepes lele cabai hijau untuk sarapan.

Suyatinah memiliki kolam ikan lele sendiri yang bisa dipanen setiap saat. Adapun bahan yang digunakan selain ikan lele segar adalah daun jeruk, batang serai, belimbing wuluh, cabai hijau, dan kemangi.

Sejumlah bumbu halus yang disediakan sebagai pelengkap berupa bawang merah, tomat, gula putih. Semua bahan bumbu halus digerus memakai cobek untuk dilumurkan pada ikan lele.

Menurut Suyatinah, agar ikan lele tidak amis, setelah dibersihkan dilumuri dengan air jeruk nipis. Selanjutnya diberi daun salam, belimbing wuluh, garam, gula pasir, daun kemangi. Aduk semua bahan bersama ikan lele hingga merata dengan air matang agar aroma amis hilang. Siapkan daun pisang kepok yang telah dilayukan, lalu masukkan ikan lele dua ekor setiap satu bungkus.

“Dua ekor lele ukuran kecil yang telah dilumuri bumbu lalu dibungkus memakai daun pisang, disemat dengan lidi lalu disusun dalam panci khusus untuk proses pengukusan. Agar ikan lele matang sempurna gunakan api kompor sedang,” terang Suyatinah, saat ditemui Cendana News, Sabtu (14/8/2021).

Suyatinah mengangkat pepes lele cabai hijau yang dimasak dengan proses pengukusan di Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, Sabtu (14/8/2021). -Foto: Henk Widi
Lihat juga...