Pinjaman Modal Kita Bantu Uswatun Jalankan Usaha Kue Basah

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

MALANG — Pinjaman modal usaha Modal Kita yang dihadirkan Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) melalui koperasi binaannya di masing-masing Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) terus memberikan manfaat bagi warga. Di DCML Kedungkandang misalnya, sudah lebih dari seribu orang warganya telah merasakan manfaat dari pinjaman Modal Kita, salah satunya Uswatun Hasanah.

Diceritakan, berjualan kue basah setiap hari sudah menjadi rutinitas Uswatun setahun belakangan ini. Usaha ini dilakoni guna membantu perekomian keluarga. Untuk mengembangkan usahanya, ia memutuskan untuk mengajukan pinjaman Modal Kita yang dikelola Koperasi Unit Desa (KUD) Suluh Sejahtera Mandiri.

“Karena ini merupakan pengajuan pinjaman yang pertama, jadi baru bisa mendapatkan pinjaman Rp2 juta,” sebutnya.

Menurutnya, uang pinjaman tersebut akan ia gunakan untuk modal membeli bahan-bahan pembuat kue basah.

Disampaikan Uswatun, hampir setiap hari ia dibantu saudaranya rutin membuat kue untuk dijual ke pasar-pasar. Kue yang dijual setiap hari di antaranya Klepon dan Lapis, sedangkan untuk kue Petulo hanya dijual selama bulan puasa saja. Harga yang ditawarkan terbilang cukup murah, hanya seribu rupiah untuk empat biji klepon maupun kue lapis. Dari situ ia bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp 100 ribu per hari.

“Setiap hari bikin dan selalu habis terjual. Hari Minggu saja yang libur,” akunya.

Dikatakan Uswatun, agar tidak terjadi kendala dalam pembayaran angsuran pinjaman, ia akan menyisihkan uang dari hasil jualannya. Sebab setiap bulannya ia harus membayar angsuran sebesar Rp200 ribu, selama satu tahun.

“Paling tidak, setiap hari saya harus bisa menyisihkan uang Rp10 ribu agar bisa membayar angsuran pinjaman,” ujarnya.

Lihat juga...