Taman Bermain di Pekarangan Rumah Alternatif Wahana Rekreasi Bagi Anak

SITUBONDO – Taman bermain di pekarangan rumah bisa menjadi alternatif bagi anak untuk bermain dan rekreasi. Selain mudah dijangkau dan mengurangi mobilitas di luar rumah, juga dapat meminimalisir pengeluaran di masa pandemi Covid-19.

Ahmad Arifin, warga Desa Nangkaan, Kecamatan Paowan, Situbondo, mengatakan pekarangan rumah dengan konsep tatanan bermain anak menjadi pilihannya untuk bisa membuat anaknya tetap menikmati wahana permainan di masa Covid-19.

“Aktivitas anak untuk bisa bermain dengan beragam macam permainan dengan fasilitas yang tersedia, tetap bisa dilakukan. Jadi, tidak perlu lagi harus bermain ke tempat jauh,” ujar Ahmad arifin di rumahnya, Minggu(22/8/21).

Arifin mengatakan, usia anak merupakan masa d imana ia masih senang bermain. Maka, hal itu menjadi waktu yang baik untuk mengajak anak bermain permainan yang cocok untuk usianya.

Ahmad Arifin, saat ditemui di rumahnya Desa Nangkaan, Kecamatan Panaruk, Situbondo, Minggu(22/8/2021). .-Foto: Iwan Feriyanto

“Bagi saya, lebih baik seorang anak bisa bermain hal lain daripada bermain handphone. Karena masih lebih efektif dan tentunya bermanfaat,” ucapnya.

Menurutnya, manfaat yang bisa dirasakan dari permainan anak-anak, pun beragam. Permainan panjat tali, misalnya, dapat meningkatkan keseimbangan diri.

“Melatih keseimbangan diri merupakan permainan yang banyak memanfaakan otot kaki. Sehingga anak akan menjadi kuat, kaki tidak mudah capai dan pegal-pegal,” ungkapnya.

Arifin menambahkan, otot kaki menjadi acuan dasar hidup manusia, yang lebih aktif bergerak. “Postur kaki menjadi cikal bakal penting untuk pertumbuhan anak. Bila otot kaki kuat, maka mempermudah aktivitas setiap hari. Maka, anak kecil itu sebaiknya dilatih bermain yang memiliki manfaat panjang ke depannya, daripada kecanduan bermain telepon genggam,” tegasnya.

Lihat juga...