Terpapar Covid-19, Wabup Banyumas Rutin Olahraga dan Berjemur

Editor: Makmun Hidayat

PURWOKERTO — Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono sudah satu minggu ini menjalani isolasi mandiri karena terpapar Covid-19. Selama menjalani isolasi mandiri tersebut, ia selalu rutin berolahraga dan berjemur mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB, untuk menjaga kondisi tubuh.

“Resepnya sederhana saja bagi yang sedang isolasi mandiri, jangan panik, rajin berolahraga, berjemur setiap pagi dan konsumsi obat yang diberikan dokter secara teratur, ditambah dengan vitamin, madu ataupun lainnya yang menunjang kesehatan,” tuturnya, Jumat (6/8/2021).

Menurut Sadewo, olahraga rutin sangatlah penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Ia memilih olahraga dengan menggunakan treadmill selama 20 menit. Setelah berkeringat, kemudian dilanjutkan dengan berjemur di halaman rumah dinasnya.

Selain olahraga dan menjaga asupan makanan serta vitamin, menurut Sadewo yang tidak kalah penting adalah dukungan dari keluarga serta orang-orang sekitar bagi penderita Covid-19. Dukungan diberikan tidak harus dengan bertemu langsung, tetapi bisa dengan melalui pesan-pesan singkat, telepon ataupun pengiriman makanan dan vitamin.

“Dukungan itu sangat penting, karena akan membuat kita lebih bersemangat untuk cepat sembuh. Saya juga berterima kasih sekali banyak mendapat dukungan dari keluarga , kerabat serta teman-teman. Seperti Pak Dandim mengirimi saya jamu herbal, rutin saya minum, kemudian ada yang memberikan madu, vitamin dan lainnya,” kata Sadewo.

Terkait terpaparnya Covid-19 tersebut, Wabup bercerita, selama satu minggu sebelumnya, kesibukannya memang sangat padat. Sampai pada puncaknya, ia pulang dari perjalanan dinas ke Semarang pada malam hari dan merasakan kondisi tubuh kurang sehat. Namun, keesokan harinya masih ada agenda rapat penting, sehingga ia tetap ngantor. Setelah itu, baru kondisi tubuhnya menurun dan saat memeriksakan diri, dinyatakan positif Covid-19.

Lihat juga...