Berkat Program DCML Keluarga Miskin Ini Miliki 11 Domba

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Pelan tapi pasti, program Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) yang dijalankan Yayasan Damandiri, sejak tahun 2017 lalu, terbukti mampu mengubah kondisi hidup sebagian masyarakat Desa Trirenggo, Bantul, Yogyakarta.

Sejumlah warga miskin yang sebelumnya hidup dalam kondisi kurang berkecukupan, kini nampak mulai bertambah sejahtera dan meningkat taraf hidupnya. Seperti terlihat pada keluarga pasangan Parno (50) dan Marsidah (43).

Pada tahun 2017 lalu, warga Dusun Tanuditan, Kweden 07, Trirenggo, Bantul ini, masuk dalam kategori warga miskin yang menerima bantuan program DCML. Selain mendapatkan program bantuan bedah rumah senilai Rp20 juta mereka juga mendapatkan bantuan modal usaha berupa warung kelontong berikut isinya senilai Rp2,5 juta.

“Ya, kita sangat berterima kasih menerima bantuan itu. Saat itu, usaha warung kelontong, istri (Marsidah) yang menjalankan. Sedangkan saya kerja serabutan sambil pelihara kambing dan domba,” ujar Parno saat ditemui Cendana News, Senin (27/9/2021).

Setelah berjalan beberapa tahun, usaha warung kelontong Marsidah diketahui kurang bisa berkembang. Hal itu disebabkan karena usaha itu kurang bisa bersaing dengan warung dan toko lain yang banyak terdapat di sekitar kampungnya. Alhasil mereka pun memutuskan untuk fokus pada usaha budidaya dan jual beli kambing-domba.

Siapa sangka usaha kambing dan domba yang dijalankan pasangan ini ternyata menjadi pintu rejeki luar biasa bagi mereka. Jika awalnya hanya memiliki dua ekor kambing, kini usaha budi daya mereka telah berkembang pesat menjadi sebanyak 11 ekor. Baik itu untuk budi daya, pembesaran, atau pun jual-beli.

Lihat juga...